Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cerita Karangan Singkat Tentang Sekolah Saya Tercinta

Dalam membuat karangan tentang sekolah sebenarnya mudah saja untuk kalian buat. Kalian hanya harus deskripsi kan apa saja yang ada didalam lingkungan sekolah mulai dari kantin, parkiran, perpustakaan, atau pun ruangan kelas kalian. Dan tentunya semua itu harus kalian tuliskan dalam sebuah karangan yang disusun dengan kata-kata menarik dan jelas agar para pembaca dapat merasakan gambaran mengenai suatu keadaan yang kalian tuliskan.


Dan sebagai contohnya karangan yang dibuat ini berdasarkan tentang sekolah saya, yang sekarang ini saya tempati untuk menimba ilmu yakni SMK Yapera. Namun juga ada beberapa contoh karangan tentang sekolah lain nya yang bisa kalian lihat dibawah sini :

Contoh Karangan Tentang Sekolah

Karangan Tentang Sekolah

Karangan Sekolah Saya

SMK Yapera merupakan sekolah yayasan yang kini saya tempati untuk menimba ilmu agar kelak saya menjadi orang yang pintar. Ada 4 program jurusan yang dapat dipilih bagi para siswa-siswi lulusan tahun ajaran baru yang hendak masuk ke sekolah ini yakni Akutansi (AKL), Administrasi Perkantoran (OTKP), Multimedia (MM) dan Teknik Jaringan Komputer (TKJ). Sekolah yang memiliki lantai 4 ini juga termasuk memiliki gedung yang cukup besar dan juga luas yang tergabung menjadi satu dengan sekolah SMA Yapera, yang memiliki 2 program jurusan yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan hanya memiliki beberapa kelas saja. Karena hampir kebanyakan di gedung utama dihuni para siswa-siswi SMK yang memiliki ratusan murid.

Disisi lain sekolah Yayasan Perguruan An-Nurmaniyah atau disebut juga dengan YAPERA memiliki sekolah lainnya didalam satu satu area yakni SMP dan Universitas STES Bakti Nugraha. Suasana ramai selalu terlihat ketika jam masuk dan pulang sekolah tiba karena memiliki jumlah murid yang cukup banyak, sehingga membuat siswa-siswa harus berhati-hati dalam berjalan. Karena tak hanya siswa-siswi yang berjalan kaki, tapi beberapa diantara nya ada yang membawa kendaraan motor atau pun sepeda. Untung nya sekolah saya memiliki parkiran yang terbagi menjadi 2 tempat yakni parkiran utama yang dapat menampung ratusan motor para siswa-siswi yang letaknya berdekatan dengan kantin dan parkiran khusus para guru atau tamu yang dapat menampung sekitar 30 lebih motor yang letaknya berdekatan dengan gerbang dan masjid sekolah.

Pada Masjid sekolah pun menjadi tempat belajar untuk para siswa-siswi yang sering digunakan untuk kegiatan kerohanian seperti rohis atau pun tadarus, yang diadakan setiap hari Sabtu sebelum masuk ke kelas. Baik itu untuk kelas yang masuk pagi atau pun yang masuk siang. Masjid sekolah juga tidak hanya digunakan sebagai kegiatan belajar mengajar, tapi juga digunakan untuk melakukan sholat 5 waktu bagi para murid atau pun warga sekitar yang dekat dengan sekolah dan dapat menampung puluhan jamaah masjid karena memiliki lantai 2. Untuk tempat wudhu pun disediakan cukup banyak dan dibuat memanjang pada sisi kiri dan kanan masjid untuk memudahkan para siswa-siswi dalam mengambil air wudhu dan juga tersedia satu kamar kecil pada sisi kiri Masjid sekolah.

Sekolah saya ini pun sangat seru, karena memiliki tiga lapangan yang terbagi menjadi lapangan basket, lapangan voli dan satu lagi lapangan sepak bola. Keseruan pun terjadi ketika jam pelajaran olahraga, karena dapat belajar bersama dengan siswa-siswi sekolah lainnya seperti SMP dan juga SMA yang membuat saya dapat mengenal satu sama lainnya bahkan berteman tanpa membedakan status sekolah, adik kelas atau pun kakak kelas, dan batasan umur.

Karangan Sekolahku Tercinta

SMPN 11 Tangerang merupakan sekolahku tercinta yang memiliki jumlah ruang kelas sebanyak 30 ruangan dan salah satunya adalah ruangan laboratorium, dengan gedung berwarna hijau dan banyak nya tanaman kecil dengan pot dari botol bekas yang dihias dengan cantik. Pot tanaman yang telah dibuat siswa-siswi dan juga para guru, diletakan di setiap sudut sekolah dan diberikan nama kelas mereka masing-masing, menjadikan setiap kelas mempunyai taman yang indah dan membuat suasana sekolah seperti di alam terbuka yang memiliki udara yang sejuk dengan ditemani banyaknya pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Ketika hendak berjalan memasuki sekolah, akan disuguhkan gerbang dengan memiliki gapura yang menjulang tinggi dengan adanya tulisan SMPN 11 Tangerang tepat diatasnya. Dan didepan gapura ditempatkan sebuah pagar besi berwarna hitam yang cukup tinggi, untuk menjaga keamanan sekolah dan tak luput adanya kantor penjaga sekolah yang letak berada disisi kanan gerbang. Ketika melewati gerbang sekolah, di bagian sisi kiri ada bangunan masjid sekolah yang berdiri kokoh dengan desain yang bagus dan memiliki cat berwarna hijau dengan tambahan warna putih. Dan tak lupa setiap sisi bangunan dihiasi dengan tanaman, yang menjadi ciri khas dari sekolah SMPN 11 Tangerang yang cinta dengan penghijauan dan memiliki lingkungan sekolah yang bersih dari sampah.

Setelah melewati gerbang gapura sekolah, terlihat dari kejauhan deretan pemandangan kelas siswa-siswi untuk belajar yang berada di sisi depan, kiri dan kanan dengan memiliki lantai 2. Dan di tengah nya, terhampar lapangan sekolah yang luas untuk kegiatan upacara atau pun kegiatan pelajaran olahraga yang sering dilakukan di lapangan tersebut. Dengan tersedianya tiang ring basket dan juga tiang gawang untuk para siswa-siswi bermain basket atau pun olahraga sepak bola. Dan tak lupa dengan tiang bendera, untuk kegiatan pengibaran bendara yang dilakukan setiap hari Senin. Lapangan sekolah ini pun, juga sering digunakan untuk kegiatan pembacaan surat Yasin yang rutin dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai atau lebih tepatnya setiap hari Jumat. Karena masjid sekolah tidak dapat menampung siswa-siswi yang banyaknya kurang lebih seribu orang, maka lapangan pun digunakan untuk kegiatan pembacaan surat Yasin.

Ketika hendak memasuki ruang kelas, maka akan melewati koridor sekolah yang memiliki fasilitas tempat cuci tangan atau disebut juga dengan wastafel yang disediakan untuk para siswa-siswi mencuci tangan sebelum makan atau pun ketika tangan kotor. Wastafel hanya tersedia dibeberapa tempat koridor sekolah, namun masih mudah dijangkau oleh para siswa-siswi.

Kesimpulan

Dan seperti itu lah karangan tentang sekolah yang pernah saya tempati. Mungkin beberapa diantaranya sudah banyak yang berubah, seperti sekolah SMP saya yang dahulu. Jadi dalam karangan ini, sesuai dengan kondisi pas saya masih duduk dikelas SMP. Dan sekarang saya duduk disekolah SMK, mudah saja untuk menggambarkan atau menceritakan suasana sekolah saya saat ini. Namun hanya sulitnya untuk menyusunnya dengan kata-kata yang bagus dan juga jelas, agar dapat tergambarkan oleh pembaca nya. Sekian dan Terimakasih, salam Mading Yapera.

2 comments for "Contoh Cerita Karangan Singkat Tentang Sekolah Saya Tercinta"

  1. Terimakasih untuk informasinya. Mengenai karangan cerita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, senang berbagi cerita.

      Delete