Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Liburan Sekolah Tentang Membuat Kopi Dalgona Dirumah

Jenuh, mungkin itu yang terkadang kalian rasakan saat liburan sekolah hanya menghabiskan waktu dirumah saja. Dan sebagian orang mungkin hanya menghabiskan waktu seperti biasa nya yakni ngobrol bersama keluarga, bersantai, dan bermain smartphone. Tentunya membuat hari kalian jadi lebih mengasyikan atau pun menarik, jika melakukan kegiatan yang sedikit berbeda untuk membuat suasana tidak jadi bosan saat liburan dirumah. Sebenarnya banyak hal menarik yang bisa ditemukan, tapi tergantung dari kalian. Apakah kalian mau melakukannya atau lebih suka tiduran sambil bermain game di smartphone.

Daftar Isi :

Baca Juga : Liburan Sekolah Di Rumah aja? Berikut Kegiatan Tidak Bikin Bosan

Untuk saya pribadi, apa saja akan saya lakukan untuk membuat diri saya tidak mudah bosan disaat liburan sekolah. Seperti hal nya membuat rujak buah (ngerujak), membantu orang tua, benerin genteng rumah yang bocor, atau pun memanjat pohon untuk mencari inspirasi atau sekedar memetik buahnya. Namun, terkadang saya juga suka memasak apa saja yang menurut saya mudah untuk dibuat. Entah itu makanan yang manis, asin, atau pun gurih dan juga tak lupa dengan minuman segar untuk menghilangkan rasa kepingin (ileran) si mulut dan si perut. Dan kali ini, si mulut dan si perut sedang ingin mencoba yang namanya kopi dalgona yang sedang trending di media sosial (medsos).

Banyak orang yang mencari tahu tentang kopi dalgona, termasuk juga saya yang sedang mencari resep dan juga cara pembuatannya. Dan setelah di telusuri melalui google, banyak media berita yang membagikan nya mulai dari tata cara pembuatannya, bahan-bahan yang digunakan atau pun asal usul tentang kopi tersebut. Setelah saya mengetahui informasi tentang kopi ini, saya pun berniat untuk membuat nya. Dan juga, saya ingin membagikan nya kepada para pembaca melalui cerita liburan sekolah yang saya tulis dibawah sini :

Cerita Liburan Sekolah Membuat Kopi Dalgona

Cerita Liburan Sekolah Tentang Membuat Kopi Dalgona
Cerita Liburan Sekolah

Berawal dari status WhatsApp seorang teman, saya begitu penasaran dengan status yang dia buat. Terlihat sebuah foto dan juga video yang sedang memperagakan cara pembuatannya, entah itu soft drink atau pun cake. Tadi nya saya tidak terlalu mengerti apa yang sedang dia buat, menggunakan mixer dan sedikit bahan berbentuk cair dengan warna kecoklatan yang berada didalam sebuah mangkuk kecil. Namun setelah bertanya kepada teman saya ini dan dia pun menjawabnya, ternyata dia sedang membuat sebuah minuman ringan yang sedang trending di media sosial yakni kopi dalgona.

Cara Membuat Kopi Dalgona Menggunakan Mixer
Pembuatan Kopi Dalgona Menggunakan Mixer

Akhirnya, saya pun menelusurinya dengan mengecek beberapa akun sosial media yang saya miliki dan juga mencari nya melalui google. Setelah saya mencari nya, dan benar saja kalau kopi ini sedang trending topic dibeberapa negara belahan dunia, termasuk di Indonesia sendiri. Saya pun jadi tertarik untuk membuatnya, dikarenakan bahan yang cukup mudah untuk ditemukan dan juga tidak terlalu rumit untuk membuatnya.

Untuk bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kopi ini hanya memerlukan kopi instant tanpa bubuk, susu, gula, es batu dan juga sedikit air hangat. Dan untuk alat yang digunakan juga cukup mudah ditemukan seperti mixer, gelas dan mangkuk ceper.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari bahan yang diperlukan di minimarket dekat rumah atau pun warung ucok, warung Madura juga masih bisa ditemukan. Setelah semua bahan terkumpul, waktunya untuk membuat nya. Dari beberapa artikel yang saya baca, untuk satu cup atau cangkir kopi memiliki perbandingan bahan 1:1:1 atau dengan komposisi 2 sendok makan kopi instant tanpa ampas, 2 sendok makan gula dan 2 sendok makan air panas.

Sepertinya kalau membuat satu cup terlalu sedikit, jadi saya membuatnya dalam jumlah 2 cup agar mudah untuk dikocok. Karena saya tidak memiliki mixed dan juga saringan stainless jadi saya hanya menggunakan sendok saja. Meskipun banyak yang bilang, kalau menggunakan sendok akan membutuhkan waktu yang lama untuk dikocok.

Setelah semua bahan dan alat tersedia, hal selanjutnya yang saya lakukan adalah memasukan semua bahan kedalam mangkuk ceper sesuai dengan resep yang dianjurkan. Dan langkah selanjutnya, dikocok hingga menjadi foam (busa) dengan warna berubah menjadi kecoklatan.

Dan selang 12 menit dikocok menggunakan sendok, kopi ini pun tak kunjung mengembang menjadi foam (busa). Sepertinya ada yang salah, atau memang harus menggunakan mixer atau saringan stainless. Untuk pembuatan pertama ini seperti nya saya gagal, jadi saya memutuskan untuk menggunakan mixer yang terlebih dahulu harus pinjam ke saudara saya. Karena menggunakan sendok sedikit melelahkan, membuat tangan saya menjadi kram.

Setelah mendapatkan mixer yang saya pinjam, lalu saya mengulanginya kembali dengan mencampurkan semua bahan dan dikocok menggunakan mixer. Dan selang 6 menit dikocok, hal hasil kopi dalgona berubah menjadi foam (busa) yang mengembang.

Resep Kopi Dalgona Menggunakan Mixer
Hasil Akhir Kopi Dalgona Buatan Saya

Dan hasil akhir nya seperti pada gambar di atas, dengan memasukan es batu kedalam gelas. Lalu ditambahkan susu cair hingga setengah gelas lebih dan baru lah tuangkan kopi dalgona di atas nya. Disaat liburan sekolah seperti ini, cukup menyenangkan membuat kopi kocok. Meskipun awal nya saya gagal, tapi pada percobaan kedua berhasil juga.

Tentang kopi Dalgona, sebenarnya kopi ini sangat mirip dengan kopi yang berasal dari wilayah/negara Rajasthan, yang merupakan negara bagian barat laut di India dan diberi nama dengan kopi Phenti Hui atau dalam bahasa Inggris nya Beaten Coffee (kopi kocok). Namun terdapat perbedaannya pada kopi yang sedang trending saat ini, dan perbedaan itu terletak pada cara penyajiannya. Yang mana, jika kopi kekinian ini disajikan dengan cara susu diletakan dibawah dan foam (busa) kopi diletakan berada tepat di atas susu dan untuk kopi Phenti Hui disajikan dengan cara sebaliknya.

Awal mula penamaan kopi ini, saat seorang aktor dari negara Korea Selatan bernama Jung ll-woo saat ia sedang berada di negara Cina atau lebih tepatnya di sebuah restoran yang berada di wilayah Makau. Dia di sajikan sebuah kopi dengan campuran susu dan juga cappucino yang memiliki tekstur berbusa. Pada foam (busa) yang mengembang tersebut, mengingatkan Jung ll-woo pada jajanan khas Korea Selatan yakni dalgona sejenis permen anak-anak khas negara Korea Selatan dengan bahan baku gula merah, sirup jagung dan baking soda. Untuk nama lainnya disebut juga dengan toffee honeycomb yang populer pada di tahun 70-an dan 80-an.

Permen ini juga memiliki nama lain dibeberapa negara seperti di negara Inggris di kenal dengan Cinder toffee lalu Yellowman di Irlandia Utara, Fairy Food Candy di Wisconsin, Hokey Pokey di Selandia Baru, Honeycomb di Afrika Selatan dan Dalgona di Korea Selatan.

Kopi dalgona pun menjadi sangat populer saat dibawa pada acara televisi Stars Top Recipe di Fun-Staurant pada tanggal 13 Januari 2020, yang akhir trending di kanal YouTube Korea Selatan dan juga media sosial lainnya seperti Tik Tok dan Instagram dan kini menjadi populer di Indonesia.

Di beberapa negara, untuk penamaan kopi ini berbeda-beda. Seperti contoh nya pada negara Yunani lebih dikenal dengan Frappe Coffee Dan di India dengan nama Phenti Hui

Bahan Dan Alat

Untuk bahan dan alat yang digunakan dalam membuat kopi, cukup mudah untuk didapatkan. Karena hanya memerlukan tiga bahan utama dan juga tidak terlalu repot dalam pembuatannya. Dan untuk soal selera, bisa membuat nya dingin atau pun panas. Seperti daftar yang ada dibawah sini :

Bahan

  • 2 Sendok Makan Kopi Instan.
  • 2 Sendok Makan Gula Pasir atau Gula Merah.
  • 2 Sendok Air Panas.
  • Susu Cair.
  • Es Batu Secukupnya.

Alat

  • Mixer.
  • Mangkuk Ceper.
  • Gelas.

Kreasi Rasa

Untuk soal kreasi rasa yang diinginkan, bisa menggunakan bahan lainnya. Namun dengan menambahkan beberapa komposisi bahan yang digunakan dan juga mengganti kopi yang merupakan bahan utama dengan rasa lain seperti Dalgona Milo, Dalgona Milk Tea dan Dalgona Matcha. Dan ini juga sangat cocok untuk kalian yang tidak menyukai kopi.

Topping

Untuk memberikan tampilan kopi dalgona jadi lebih menarik, tentunya kalian juga bisa menambahkan topping di atas sesuai selera masing-masing. Banyak pilihan topping yang bisa kalian pakai seperti biskuit, brownies, bubuk coklat, kismis, atau pun potongan buah stroberi. Kalau untuk saya pribadi lebih suka menambahkan topping jelly dengan rasa coklat yang dipotong kecil-kecil.

Hal Yang Harus Dihindarkan Dalam Pembuatan

Dalam pembuatan kopi dalgona memperlunak kesabaran dan juga bahan-bahan dengan takaran yang pas. Pasalnya kalau sampai bahan yang digunakan terlalu berlebihan, akan membuat kopi jadi tidak mengembang atau tidak berubah jadi foam (busa). Dan berikut ini hal yang harus dihindarkan saat pembuatannya.

Hal pertama yang membuat nya gagal adalah terlalu banyak menambahkan air kedalam nya. Yang menjadi bentuk kopi akan terus menjadi cair dan tidak berubah menjadi padat. Bahwasanya, untuk kopi dalgona yang memiliki bentuk sempurna dengan tekstur foam (busa) yang padat dan juga tidak cepat mencair.

Dan hal yang kedua adalah tidak menggunakan gula saat pembuatan kopi atau hanya sedikit gula yang dimasukan. Penting sebuah gula saat pembuatan kopi untuk membuat kopi jadi mengembang dan menghasilkan sebuah foam (busa) yang padat dan juga tidak cepat cair. Adapun gula yang digunakan seperti gula putih dan gula merah.

Lalu yang ketiga yakni pemilihan kopi instan yang tidak sesuai dengan resep disarankan, seperti kopi dengan ampas, lalu menggunakan kopi 3-in-1.

Makanan Ringan Untuk Menemani Secangkir Kopi Dalgona

Rasanya kurang lengkap jika minum kopi tidak temani dengan makanan ringan sebagai pelengkap hidangan. Namun banyak aneka ragam makanan mulai dari di goreng, di panggang atau pun direbus seperti menu makan dibawah ini:
  • Gorengan tahu
  • Gorengan tempe
  • Bakwan
  • Singkong Rebus
  • Kacang Rebus
  • Donat
  • Pancake
  • Roti Bakar
  • Sandwich
  • Biskuit
  • Dll.

Kesimpulan

Seperti itu lah cerita saya saat liburan sekolah dengan mengisi waktu membuat kopi dalgona yang sedang trending topic. Namun, saya tak hanya membagikan cerita nya saja, tapi juga membagikan tentang kopi itu sendiri. Siapa tahu kalian jadi berminat untuk membuat nya dirumah.

Baca Juga : Contoh Teks Singkat, Karangan Cerita Kegiatan Liburan Dirumah

Post a Comment for "Cerita Liburan Sekolah Tentang Membuat Kopi Dalgona Dirumah"